Sifat Mekanis Kayu Lengkap Beserta Penjelasan dan Contohnya

Sifat mekanis kayu bagaikan material konstruksi meliputi keteguhan ataupun kekuatan kayu menahan beban/ style yang diterimanya. Kayu dengan serat rapat biasanya mempunyai kekuatan yang lebih besar dari kayu dengan serat tidak rapat. Kayu hendak lebih kokoh bila menerima beban sejajar dengan arah serat dari pada menerima beban tegak lurus serat. Bagi Frick dkk( 1999) tiap tipe kayu mempunyai kokoh tarik, kokoh tekan, kokoh geser, kokoh lentur, kokoh puntir, serta kokoh belah. Jenis- jenis kekuatan mekanis kayu ini dipaparkan bagaikan berikut:

1. Kokoh tarik

Kokoh tarik merupakan keteguhan kayu buat menahan beban ataupun gaya- gaya yang berupaya menarik kayu. Tiap tipe kayu mempunyai kokoh tarik sejajar (//) arah serat lebih besar dari kokoh tarik tegak lurus(⊥) arah serat kayu. Kuat tarik ⊥ arah serat berhubungan erat dengan keteguhan kayu terhadap pemisahan.

sifat mekanis kayu

Foto 1. 6. Kayu tertarik

Dua arah kekuatan tarik pada kayu ialah searah serat kayu ataupun tegak lurus / melintang searah dengan serat kayu. Kekuatan tarik kayu merupakan gimana respon bahan kayu terhadap gaya- gaya yang menarik kayu. Pada biasanya kayu mempunyai kekuatan tarik lebih besar searah serat kayu.

2. Kokoh tekan

Kokoh tekan merupakan keteguhan kayu buat menahan beban ataupun gaya- gaya yang berupaya menekan kayu. Tiap tipe kayu mempunyai kokoh tekan// arah serat lebih besar dari kuat tekan⊥ arah serat kayu. Kokoh tekan⊥ arah serat memastikan keteguhan/ ketahanan kayu terhadap beban. Merupakan energi tahan kayu terhadap tekanan pada searah serat kayu ataupun melintang serat kayu. Kekuatan tekan kayu lebih lemah pada arah melintang serat.

mekanis kayu jati

Foto 1. 7. Kayu tertekan

3. Kokoh geser

Kokoh geser merupakan keteguhan kayu buat menahan beban ataupun gaya- gaya yang membuat sesuatu bagian kayu bisa beralih dari bagian lain di dekatnya. Terdapat 3( 3) berbagai kokoh geser, yaiti:

  • kuat geser// arah serat;
  • kuat geser⊥ arah serat;
  • kuat geser miring.
Baca Juga  Perngertian dan Jenis-jenis Semen Lengkap SNI

Tiap tipe kayu mempunyai kokoh geser⊥ arah serat lebih besar dari kokoh geser// arah serat. // arah serat⊥ arah serat arah miring

Keteguhan geser merupakan kekuatan kayu menahan gerakan serta tekanan yang membuat kayu beralih( tanpa pukulan) baik itu beban mati maupun beban hidup. Beban mati maksudnya tekanan secara terus menerus pada skala tekanan tertentu. Sebaliknya beban hidup berarti tekanan yang berulang- ulang serta dapat berubah- ubah kekokohannya.

Keteguhan geser kayu sangat besar merupakan pada posisi melintang serat kayu.

sifat mekanis kayu sengon

Foto 1. 8. Kayu tergeser

4. Kokoh lentur( kelenturan/ kekuatan lengkung)

Kokoh tekan merupakan keteguhan kayu buat menahan beban ataupun gaya- gaya yang berupaya melengkungkan kayu. Misalnya beban pada balok yang ditumpu kedua ujungnya. Balok yang dimensi tingginya( h) lebih besar dari dimensi lebarnya( b) lebih kokoh menahan beban lentur dari pada balok yang dimensi h< b.

faktor yang mempengaruhi sifat mekanis kayu

Foto 1. 9. Kayu melentur

5. Kokoh puntir

Kokoh puntir merupakan keteguhan kayu buat menahan beban ataupun gaya- gaya yang berupaya buat memuntir kayu.

jelaskan 5 sifat mekanik kayu

Foto 1. 10. Kayu terpuntir

6. Kokoh belah

Kokoh belah merupakan keteguhan kayu buat menahan beban ataupun gaya- gaya yang berupaya buat membelah kayu. Energi tahan kekuatan kayu terhadap tekanan belah sangat rendah pada posisi searah serat. Meski demikian buat sebagian tipe kayu tertentu sangat baik apabila kekuatan belahnya sangat lemah sebab tipe kayu ini hendak sangat sesuai buat pembuatan atap sirap ataupun kayu bakar.

makalah sifat mekanis

Foto 1. 11. Kayu terbelah

 

Sifat mekanis kayu jati

Mekanis kayu jati riset sifat fisis serta mekanis kayu jati( Tectona grandis L. f.) tipe lokal serta luar biasa dari wilayah Binjai, Maros, Parung, Panajam, Kutai, Lampung, Bengkulu serta Palembang bertujuan buat memandang perbandingan ciri sifat fisis serta mekanis kayunya. Hasil riset menampilkan kalau rata- rata berat tipe( BJ) kayu jati luar biasa lebih besar daripada kayu jati lokal, sebaliknya BJ paling tinggi pada kayu jati luar biasa merupakan dari Binjai serta terendah dari Maros. Tipe jati lokal serta luar biasa mempengaruhi nyata terhadap berat tipe basah kayu tersebut, sebaliknya posisi penanaman jati tidak membagikan pengaruh yang nyata terhadap berat tipe.

Baca Juga  100 Jenis Kayu dan Kelasnya Yang ada di Indonesia

Kayu yang terkuat merupakan jati lokal dari Palembang, diiringi berturut- turut kayu jati luar biasa dari Lampung, jati lokal dari Kutai, jati luar biasa dari Bengkulu, jati luar biasa dari Kutai, jati lokal dari Binjai, jati luar biasa dari Parung, jati luar biasa dari Binjai, jati supr dari Palembang, jati lokal dari Lampung, jati lokal dari Sulawesi serta yang terendah jati luar biasa dari Sulawesi. Perbandingan BJ tersebut mempengaruhi nyata pada kekakuan serta keteguhan tekan sejajar serat, sebaliknya posisi tumbuhan mempengaruhi nyata terhadap kekakuan serta kekuatan patahnya. Kayu jati yang diteliti terkategori kelas kokoh III- IV.

Sifat mekanis kayu sengon

Kayu sengon sudah dimanfaatkan oleh warga buat bahan bangunan serta bahan baku industri pengolahan kayu dimana dalam proses produksinya yang menciptakan limbah berbentuk serbuk gergajian( saw dust), pasahan( shaving), potongan kecil kayu, tatal serta lain- lain( Siregar, et angkatan laut(AL)., 2008). Sabut kelapa, kulit kelapa yang terdiri dari serat yang ada diantara kulit dalam yang keras( batok), tersusun kira–kira 35% dari berat total buah kelapa yang berusia. Buat varietas kelapa yang berbeda pastinya presentase diatas hendak berbeda pula( Sudarsono, 2010).

Pembuatan papan partikel bersumber pada pada pertimbangan murah ialah buat membetulkan sumber bahan baku yang berasal dari perkebunan dengan usaha- usaha pemanfaatan limbah dari bermacam tipe yang bermutu rendah. Papan partikel tidak hanya digunakan buat keperluan membuat bilik, lemari, bangku serta lantai, pula digunakan dalam pembuatan

Baca Juga  Ide Miniatur Rumah Dari Stik Es Krim Yang Gampang

Mekanis kayu ulin

Kayu Ulin( Eusideroxylon Zwageri) tercantum salah satu kayu dengan kekuatan besar. Riset ini bertujuan buat memperoleh kekuatan tekan sejajar serat serta tegak lurus serat kayu Ulin dengan pengujian eksperimental. Hasil yang diperoleh merupakan kekuatan tekan sejajar serat pada beban sepadan sebesar 50, 53 MPa( deviasi standar 11, 35 MPa serta koefisien alterasi 22, 47%), kekuatan tekan sejajar serat pada beban ultimit 55, 64 MPa( deviasi standar 11, 17 MPa serta koefisien alterasi 20, 07%), kekuatan tekan tegak lurus serat pada beban sepadan sebesar 20, 26 MPa( deviasi standar 2, 10 MPa serta koefisien alterasi 10, 31%), serta kekuatan tekan tegak lurus serat pada beban ultimit 29, 74 MPa( deviasi standar 4, 62 MPa serta koefisien alterasi 15, 52%).

Modulus elastisitas tekan sejajar serat yang diperoleh sebesar 10155, 05 MPa, serta modulus plastisitas tekan sejajar serat sebesar 1317, 83 MPa. Modulus Elastisitas tekan sejajar serat yang diperoleh sebesar 1381, 84 MPa, dan modulus plastisitas tekan tegak lurus serat sebesar 195, 77 MPa. Hasil riset ini diharapkan bisa membagikan sumbangan ilmiah buat basis informasi sifat mekanika kayu Indonesia serta spesialnya buat perencanaan komponen struktur tekan serta lentur.

Makalah sifat mekanis kayu ppt ulin merbau akasia makalah adalah mekanik kimia brainly fisik dan dari fisis mekanika faktor yang mempengaruhi johar fisika mahoni manis minyak putih pada rotan serbuk ubi 8 3 4 macam jelaskan 5 sifat mekanik kayu.