Pengertian Pozzolan dan Jenis Kelasnya

Pengertian Pozzolan

Pozzolan merupakan bahan yang memiliki senyawa silica serta alumina dimana bahan pozzolan itu sendiri tidak memiliki watak semacam semen, hendak namun dengan wujudnya yang halus serta dengan terdapatnya air, hingga senyawa- senyawa tersebut hendak bereaksi secara kimiawi dengan kalsium hidroksida( senyawa hasil respon antara semen serta air) pada temperatur kamar membentuk senyawa kalsium aluminat hidrat yang memiliki watak semacam semen.

Pozzolan ialah bahan yang memiliki senyawa silica serta alumina, yang tidak memiliki watak mengikat semacam semen namun dalam wujudnya yang halus serta dengan terdapatnya air, hingga senyawa senyawa tersebut hendak bereaksi dengan kalsium hidroksida pada temperatur wajar membentuk senyawa kalsium silikat hidrat serta kalsium hidrat yang bersifat hidraulis serta memiliki angka kelarutan yang lumayan rendah( Subakti, 1994).

pozzolan
pozzolan

Standar kualitas pozzolan sudah diatur dalam ASTM C 618- 86( dalam Nyaman Subakti, 1994) yang dibedakan jadi 3 kelas:

  1. Kelas N
    Pozzolan alam ataupun hasil pembakaran pozzolan alam, yang bisa digolongkan ke dalam tipe semacam: tanah diatomic, opaline cherts, shales, tuff serta abu terbang vulkanik ataupun punicite. Seluruhnya dapat diproses lewat pembakaran ataupun tanpa pembakaran
  2. Kelas C
    Fly ash memiliki CaO diatas 10% yang dihasilkan dari pembakaran lignite ataupun sub bitumen batu bara.
  3. Kelas F
    Fly ash memiliki CaO kurang dari 10% yang dihasilkan dari pembakaran anthracite ataupun bitumen batu bara.

    pengertian pozzolan
    pengertian pozzolan

Bagi ASTM C 593- 82( dalam Nyaman Subakti, 1994) dilihat dari proses pembentukannya, bahan pozzolan bisa dibedakan jadi 2 tipe, ialah: pozzolan buatan serta pozzolan alam. Pozzolan buatan berasal dari

tungku ataupun hasil pemanfaatan limbah yang diolah jadi abu yang memiliki silika reaktif lewat proses pembakaran, semacam abu terbang( fly ash), abu sekam( rice husk ash) dekameter mikro silika( silica fume). Sebaliknya pozzolan alam merupakan bahan alam yang ialah timbunan- timbunan ataupun bahan sedimentasi dari abu ataupun lava gunung berapi yang memiliki silika aktif serta apabila dicampur dengan kapur padam hendak terjalin proses sedimentasi.

Salah satu contoh pozzolan alam merupakan batu apung. Batu apung merupakan salah satu contoh dari pozzolan alam, yang terjalin diakibatkan oleh lemparan lava serta pendinginan yang kilat di hawa sehingga tercipta pori- pori yang sebagian tertutup oleh membran gelas. Batu apung ialah batuan vulkanis yang memiliki pori- pori, kaya dengan isi gelas/ silikat serta biasanya bercorak cerah, oleh sebab itu batu apung ringan serta mempunyai berat tipe lebih kecil dari satu( Anonimus, 2004).

READ  Materi Semiotika | Pengertian, Teori dan Analisis Budaya Visual