Pengertian Arsitektur Futuristik dan Contoh Bangunannya

Pengertian Futuristik

Arsitektur Futuristik adalah salah satu  tema di dalam bidang arsitektur yg memiliki gambaran kepada gaya di masa depan atau dalam kata lain memprediksi desain di masa mendatang.

Menurut Wikipedia, Futuristik berasal dari kata ‘future’ yang keduanya berarti “masa depan” adalah sebuah ilmu yang mempelajari masa depan.

Futuristik mempunyai makna mengarah atau menuju ke masa depan. Futuristik pada bangunan mencerminkan bahwa perencanaan dan pembangunannya tidak menurut oleh sesuatu yang berhubungan dengan masa lalu, akan tetapi berusaha untuk mencerminkan masa depan.

Pengertian Arsitektur Futuristik hadir pada abad awal ke 20 di Italia. Gaya arsitektur ini sendiri sebetulnya adalah bagian dari Futurism, yaitu sebuah gerakan seni yang ditemukan oleh seorang penyair bernama Filippo Tommaso Marinetti pada tahun 1909. Gerakan ini tidak menarik penyair, musisi, dan seniman seperti Umberto Boccioni atau Giacomo Bela, tetapi menarik bagi para arsitek.

Arsitektur Futuristik memanfaatkan peradaban di era teknologi dengan memakai bahan-bahan seperti baja, kaca, dan alumunium. Simple adalah nilai tambah terhadap arsitektur sedangkan pemakaian ornamen yang rumit dirasakan sebagai hal yang tidak efisien dan di hindari pemakaiannya.

Nihilisme merupakan penekanan perancangan untuk space atau ruang. maka desain menjadi polos, simple, dengan pemakaian kaca lebar. Jenis bahan material yang dipakai diekspos secara polos dan diperlihatkan apa adanya.

Baca Juga  Nirmana Bidang&Bentuk Geometri

Dalam arsitektur Futuristik, konsep desain tak berpaku pada material, atau aturan aturan yang apapun selagi masih dalam konsep menuju masa depan.

Bentuk yang dihasilkan ingin mengejutkan, tidak biasa, dan bahkan sering dirasakan aneh. Sama halnya dengan format bangunan zaman kini yang barangkali dianggap mengherankan oleh orang di masa lalu.

Contoh Bangunan Arsitektur Futuristik

1.Burj Khalifa

arsitektur futuristik
arsitektur futuristik

Burj Khalifa menjadi contoh bangunan arsitektur futuristik. Seperti yang telah kita seluruh tahu, Burj Khalifa ketika ini adalah gedung tertinggi di dunia. Gedung ini didesain oleh grup arsitek Skidmore, Owings dan Merrill, yang pun merancang gedung One World Trade Center yang baru.

Desain gedung ini serupa bunga lili dari jenis Hymenocallis. Tiga unsur menara bertemu di pusat bangunan dengan puncak menara yang runcing. Burj Khalifa memiliki format Y yang mempunyai dua fungsi. Pertama, memberikan ekuilibrium untuk pondasi gedung. Kedua, memaksimalkan pemandangan Teluk Arab.

Dubai mengeluarkan perkiraan sebesar 217 triliun dolar guna mendesain dan menciptakan sistem air mancur di dekat gedung Burj Khalifa. Air mancur yang familiar ini bisa mencuat sampai 150 meter ke udara. Burj Khalifa pun mempunyai observation deck tertinggi di dunia yang sedang di lantai 148.

2.Gardens By The Bay

arsitektur futuristik Gardens By The Bay
Gardens By The Bay

Negara tetangga kecil Singapura memiliki inovasi dan peradaban teknologi yg begitu cepat. Gardens By The Bay di antara contohnya. Berlokasi di tepian Marina Bay dan melulu berjarak 5 menit dari pusat kota, lokasi ini menjadi proyek kesatunan terbesar di Singapura.

Baca Juga  Jenis Sambungan Kayu Beserta Gambar Lengkap

Dibangun pada lokasi 101 hektar, pembangunan Gardens by The Bay sendiri dirancang oleh Wilkinson Eyre Architects. Tempat ini meluangkan pemkitangan pantai yg memukau untuk siapa juga yg berangjangsana ke sana. Tak mencengangkan memang, bangunan futuristik di Asia Tenggara pun sudah mendapatkan sekian banyak macam penghargaan di dunia.

3. Bandara Internasional Beijing

arsitektur futuristik Bandara Internasional Beijing
Bandara Internasional Beijing

Bangunan futuristik beda yg terdapat di Asia ialah Bandara Internasional Beijing, Tiongkok. Bandara Internasional Beijing tadinya dibangun pada tahun 1958 dengan dua terminal dan dua landasan pacu. Namun, pada tahun 2003, pembangunan besar-besaran terjadi di bandara itu untuk menyambut Olimpiade 2008 yg diselenggarakan di Beijing.

Setelah pembangunan selesai, bandara interinasional ini langsung menjadi bandara tersibuk nomor dua di dunia. Tidak melulu sampai di situ, Bandara Internasional Beijing pun menjadi bandara terbesar kedua di dunia dengan luas kompleks selama 986.000 meter persegi sesudah Bandara Internasional Dubai yg mempunyai luas 1.500.000 meter persegi.