10 Konsep Desain Interior Yang Sedang Trend di Dunia

Konsep desain interior terbagi menjadi banyak macam dan kategori. Namun kita akan membahas 10 konsep yang biasa di gunakan dalam interior di zaman ini. selebihnya itu adalah konsep yang trend pada masa lalu atau bisa di katakan “ketinggalan jaman”.

Sebelum mengkaji macam-macam konsep, Apakah pengertian “Konsep Desain Interior” menurut kalian ?
Apakah yang di maksud konsep desain interior ?

Konsep adalah representasi dari suatu rencana yang berisi gambaran abstrak dari rencana tersebut. Sedangkan Desain interior adalah suatu ilmu perancangan dan tata letak dalam ruangan yang memecahkan permasalahan yang timbul dengan kaidah teknik tanpa mengenyampingkan nilai estetika ruangan.

Jadi, Konsep desain interior adalah suatu rencana yang berisi gambaran awal sebuah proyek perencanaan tata letak ruangan yang bertujuan untuk memecahkan masalah di dalam suatu ruangan tanpa menghilangkan nilai estetika nya. berikut macam macam konsep interior :

10 KONSEP DESAIN INTERIOR YANG SEDANG TREND DI DUNIA

#1. KONSEP INTERIOR MINIMALIS

Siapa yang tak kenal Interior Minimalis? Konsep minimalis adalah konsep desain rumah yang populer di Indonesia, namun bukan di dunia, karena masih banyak style interior yang lebih banyak di pakai di dunia selain minimalis. Diperlukan konsep desain modern dan menyederhanakannya lebih jauh.

Konsep minimalis memiliki ciri ” Desain mengikuti fungsi” oleh karena itu terkesa nsederhana dan elegan . Palet warna netral dan lapang; Perabotan sederhana dan ramping, dan tidak ada yang berlebihan atau flamboyan dalam aksesori atau dekorasi.

Minimalisme pada akhirnya ditentukan oleh sense of functional dan ultra-clean lines atau biasa di sebut “tarikan garis desain”. gaya desain ini sudah lama loh gaes, yaitu muncul tahun 1960-an. bukan hal baru lagi di dunia desain.

READ  Contoh Nirmana Garis Geometris
konsep-desain-interior-minimalis
konsep-desain-interior-minimalis

#2. KONSEP INTERIOR MODERN

Modern adalah istilah desain yang luas yang biasanya mengacu pada desain rumah dengan garis bersih dan tajam, palet warna sederhana dan penggunaan material yang bisa meliputi logam, kaca dan baja.

Konsep desain modern memiliki ciri khas kesederhanaan di setiap elemen, termasuk furnitur. Sebuah kata yang biasa digunakan untuk menggambarkan gaya modern yang ramping, dan tidak banyak kekacauan atau aksesori yang berhubungan dengan gaya modern.

konsep-desain-interior-modern
konsep-desain-interior-modern

Baca juga : 7 Tokoh Arsitek Paling Terkenal di Dunia

#3. KONSEP INTERIOR KONTEMPORER

Modern dan kontemporer adalah dua gaya yang sering digunakan secara bergantian. Kontemporer berbeda dengan modern karena menggambarkan perpaduan desain masalalu dan sekarang. bisa di katakan kalau kontemporer adalah perpaduan antara modern dan klasik.

Perbedaan utama yang memisahkan gaya desain modern dan kontemporer adalah modern adalah interpretasi ketat desain yang dimulai pada abad ke-20. Di sisi lain, kontemporer lebih cair dan bisa mewakili rasa mata uang dengan kurang berpegang pada satu gaya tertentu. Misalnya, gaya kontemporer mungkin termasuk garis melengkung, sedangkan desain modern tidak.

konsep-desain-interior-kontemporer
konsep-desain-interior-kontemporer

#4. KONSEP INTERIOR INDUSTRIAL

Gaya interior industrial, sesuai namanya konsep ini terinspirasi dari kondisi gudang atau loteng perkotaan.

Ada rasa “pembangunan setengah jadi” seperti melihat batu bata terbuka/tidak di tutup semen, saluran air dan kayu. Rumah dengan tema desain industrial akan menjadi terlihat lebih artistik dan terlihat seperti bangunan setengah jadi dengan material ekspose.

Langit-langit rumah yang tinggi, kayu tua dan perlengkapan lampu logam menjuntai dengan perabotan fungsional yang jarang.

konsep-desain-interior-industrial
konsep-desain-interior-industrial

#5. KONSEP INTERIOR KLASIK

Konsep desain interior klasik berasal dari Prancis pada abad ke-17 dan dengan cepat menyebar ke Eropa, menjadi gaya dominan selama lebih dari dua abad. Seniman waktu itu terinspirasi oleh seni Yunani kuno dan Roma, yaitu keteguhan hati, kejelasan dan kesederhanaannya.

READ  Fungsi Kayu Pada Bangunan Sebagai Bahan Material Bangunan

Gaya ini mempunyai ciri khhas yang yaitu “ukiran dan ornamen” yang membuat interior klasik sangat mahal dan merupakan gaya/konsep interior yang sering di pakai di rumah – rumah mewah.

konsep-desain-interior-klasik
konsep-desain-interior-klasik

#6. KONSEP INTERIOR FUTURISTIK

Futuristik merupakan salah satu  tema di dalam bidang desain yg memiliki gambaran kepada gaya di masa depan atau dalam kata lain memprediksi desain di masa mendatang.

Menurut Wikipedia, Futuristik berasal dari kata ‘future’ yang keduanya berarti “masa depan” adalah sebuah ilmu yang mempelajari masa depan. Futuristik mempunyai makna mengarah atau menuju ke masa depan.

Ciri interior futuristik adalah bentuk ruanagan yang seperti kita lihat di film film yang menggamabrkan masa depan seperti Star War.

Baca disini untuk mengenal Futuristik lebih dalam : Pengertian Arsitektur Futuristik dan contohnya 

konsep-desain-interior-futuristik
konsep-desain-interior-futuristik

#7. KONSEP INTERIOR NATURALIS

Gaya interior Naturalis adalah gaya interior yang memiliki tema alam seperti pemakaian bahan-bahan material alam dan penggambaran desain itu sendri merupakan pendekatan kepada alam.

Gaya naturalis sangat cocok di terapkan apda perkotaan yang notabenya jarang di temukan suasan alam yang sejuk. naturalis memiliki penekanan pada style nya yang menggamabrkan alam bebas dengan dekorasi dekorasi alam dan banyak tumbuhan disana sini.

konsep-desain-interior-naturalis
konsep-desain-interior-naturalis

#8. KONSEP  MID-CENTURY MODERN

Mid Century Modern adalah kemunduran gaya desain pada pertengahan 1900 tepatnya tahun 1950-an dan 60an. Ada nostalgia retro hadir di Desain Modern Abad Pertengahan, dan juga beberapa unsur minimalis.

Fungsionalitas atau “rewel-bebas” adalah tema utama untuk desain abad pertengahan. Ini penekanan pada bentuk dikupas-turun, bentuk alami atau organik seperti kursi “berbentuk telur”, desain kontemporer yang mudah digunakan dan tipuan sederhana. Dengan mudah melengkapi interior apapun dan juga membantu transisi mulus dari interior ke eksterior.

READ  99+ Desain Rumah Minimalis Mewah, Terbaru dan Sederhana
konsep-desain-interior-mid-century-modern
konsep-desain-interior-mid-century-modern

Baca juga : 7 Tokoh Arsitek Paling Terkenal di Dunia

#9. KONSEP  GAYA INTERIOR RUSTIC 

Desain rustic diambil dari inspirasi alam, menggunakan elemen mentah dan seringkali belum selesai termasuk kayu dan batu. Tak jauh berbeda Vintage dengan Rustic.

Desain rustic dapat menggabungkan aksesori dari luar dengan kehangatan yang meniru dari detail desain dan arsitektural yang mungkin mencakup fitur seperti langit-langit berkubah yang dihiasi balok kayu atau lantai kayu reklamasi.

Banyak desain sekarang memadukan desain rustic dengan perabot dan asesoris yang lebih modern.

konsep-desain-interior-rustic
konsep-desain-interior-rustic

#10. KONSEP INTERIOR TRADISIONAL

Gaya desain tradisional menawarkan detail klasik, perabotan mewah, dan kelimpahan asesoris. Jangan menyepelekan interior tradisional. mungkin di indonesia kurang populer, namun di negara2 berkembang justru mereka berbalik ke style tradisional, naturalis dan lain sebagainya karena kebosanan mereka pada style zaman ini.

Rumah tradisional sering menampilkan kayu gelap, selesai, palet warna yang kaya, dan berbagai tekstur dan garis melengkung. Perabot memiliki detail dan kain yang rumit dan berhias, seperti beludru, sutra dan brokat, yang mungkin mencakup berbagai pola dan tekstur.

Setiap Negara dan Wilayah memiliki Gaya Interior Tradisional sendri. misal di bawah ini contoh Konsep Desain Interior tradisional Jepang.

konsep desain interior tradisional jepang
konsep desain interior tradisional jepang

Baca juga : 7 Tokoh Arsitek Paling Terkenal di Dunia

Itulah 10 Konsep desain interior yang sedang trend. Thanks sudah berkunjung di Web acak acakan ini 🙂 . Jika ada Pertanyaan, Mohon jangan sungkan untuk berkomentar di bawah ini :