Jenis dan Ukuran Batu Bata Merah SNI

Jenis & Ukuran Batu Bata Merah

ukuran batu bata merah – Di Zaman sekarang, batu bata yang berada dipasaran memiliki ukuran yang sangat bervariasi, baik yang sering diproduksi pada pabrik maupun hasil kegiatan lokal atau home industri. Bagi bangunan, ukuran standard batu bata yang biasa digunakan ialah :

Panjang= 240mm, Lebar= 115mm dan Tebal= 52mm
Panjang= 230mm, Lebar= 110mm dan Tebal= 50mm
Penambahan yang diijinkan dalam ukuran tersebut ialah :
-Panjang maksimum      = 3%
-Lebar maksimum          = 4 %
-Tebal maksimum ialah = 5%

Berikut Tabel Ukuran Batu Bata Merah :

ukuran batu bata merah sni
ukuran batu bata merah sni

 

Jenis-jenis Batu Bata :

1. Batu Bata Tan4h Liat/batu bata merah

batu Bata Merah
batu Bata Merah

tercipta dari tanah liat merah dgn 2 kelompok yaitu bata biasa dan bata muka. Bata biasa mempunyai permukaan dan warna yang tidak menentu, bata ini dipakai untuk dingding dengan memakai morta(campuran semen) Ssebagai pengikat. Bata jenis ini tidak jarang disebut sebagai bata merah.
Permukaan suatu batu bata, mempunyai permukaan yang relatif baik dan licin dan mempunyai warna dan corak yang seragam . Disamping dipergunakan sebagai dinding juga dipakai sebagai penutup d dan sebagai dekoratif.

 

2. Batu Bata Pasir – Kapur

batu bata pasir
batu bata pasir

batu bata jenis ini diciptakan melalui gabungan dari kapur dan pasir dengan komparasi 1:8 dan pula air yang ditekankan kedalam gabungan sehingga terbentuklah batu batu bata.

Baca Juga  Mengenal Perbedaan Shop Drawing dan as built drawing Lengkap Penjelasan

Rumus perhitungan jumlah batu bata untuk bangunan

Contoh ukuran batu bata yg akan di pakai panjang = 20, lebar = 10cm, tebal = 5cm dalam 1m2 memerlukan setidaknya batu bata 70 buah.

Dari satuan tersebut aku dan kalian bisa dijadikan untuk acuan guna menghitung keperluan pasangan batu bata memakai satuan yg lebih luas misalnya:

“sebuah kegiatan ruangan memakai ukuran 3m x 3m memakai elevasi pasangan dinding batui bat4 = 3 m Ruangan itu dapat kita mendetail sebagai 4 buah persegi empat ukuran 3m x 3m maka Volume kegiatan pasangan dinding bisa dihitung memakai teknik 4 buah x 3m x 3m = 36 m2”

volume pasangan batu bata yg telah kita dapatkan, untukdinding yg lain laksana segitiga, trapesium dan lainya bisa dihitung memakai formula luas masing-masing bidang

Berikutnya kalian hitung keperluan batu bata per m2 = 70 buah, maka guna 36 m2 diperlukan batu batu sejumlah 36x 72 = 2520 buah batu bata
Jangan sampai membeli lebih sedikit, untuk mengantisipasi kelemahan batu bat4 akibat pecah atau yg lainya kita dapat menambahkan batu bata, contohnya dari perhitungan itu kita mendapatkan sebanyak 2520 buah maka kita melakukan pembelian batu bata 2600 bh.
Selamat menghitung keperluan batu bata 🙂