Jenis dan Katagori Meja 

Jenis – Jenis Meja

Terbagi dalam Lima Kategori Besar

Berdasarkan fungsi dan perletakannya. meja dibedakan mentadi empat kategori besar. yaitu coffee table. end table, console table, dining table. dan working tabler Perbedaan masung-masing jenis mela akan diuraikan sebagai berikut.

1. Coffee table
coffe table
coffe table

Sesuai dengan namanya meja ini pas digunakan untuk saat-saat bersantai atau duduk-duduk sambil menikmati kopi. Dalam rumah tinggal. meja ini biasa diletakkan di ruang-ruang duduk. seperti teras, ruang tamu. atau ruang keluarga.

a. Meja teras

meja_teras
meja_teras

Meja teras biasanya terletak pada peralihan ruang luar dan ruang dalam sebuah rumah. Umumnya, meja teras dipadukan dengan beberapa kursi teras Dengan demikian. penghuni rumah dapat duduk bersantai sambil membaca koran.

pagi ataupun menikmati pemandangan dl luar rumah samba menyantap kopi dan makanan kecil yang terse” di atas maja

Meja teras digunakan untuk menyambut tamu yang berkunjung di rumah kita. Karena letaknya di luar ruang sebaiknya material yang digunakan terbuat dari bahan yang tahan cuaca dan panas Bahan seperti kain atau kayu masih dapat digunakan di ruangan teras yang memiliki penutup atap.

Untuk ruang tamu dengan luasan terbatas. lebih cocok diisi dengan meja yang ringan dan multifungsi sehingga ruang tamu tidak terkesan sumpek dan sesak.

Baca Juga  Mengenal Jurusan Desain Interior UNS | Universitas Sebelas Maret

b. Meja ruang tamu dan meja ruang keluarga

meja ruang tamu
meja ruang tamu

meja ruang tamu merupakan salah satu jenis dari coffe table. umumnya meja ini di kombinasikan dengan kursi dan sofa. meja tamu sangat berguna dan menjadi tumpuan atau point of interest bagi pengunjung rumah kita.

2. End table

End table sering dianggap sebagai maja aksen karena fungsinya yang tidak terlalu vital. Penggunaan meja ini bisa dikategorikan optional. boleh digunakan dan boleh tidak digunakan, bergantung selera dan kebutuhan.

Ada dua jenis end table yang banyak diaplikasikan di rumah tinggal. yaitu meja sudut dan meja nakas (meja sisi tempat tidur).

a. Meja sudut

meja sudut
meja sudut

Selain sebagai aksen pemanis tatanan interior rumah tinggal, meja sudut juga berfungsi untuk meletakkan barang-barang yang bersifat pemanis. seperti vas bunga, bingkai foto. atau pernak pernik.

Karena perletakannya di sudut-sudut ruang yang kurang termanfaatkan. kehadiran me|a sudut dapat mengurangi munculnya ruang ruang srsa serta mempercantik suasana ruang secara kese uruhan.

Desain meja sudut tidak hanya persegi, tetapi juga dapat berbentuk oval atau bulat. Agar selaras dengan fungsinya sebagai pemanis ruangan.

b. Meja Nakas

meja nakas ruang tidur
meja nakas

Meja Nakas adalah meja yang biasa di letakan di sebelah tempat tidur yang berfungsi untuk meletakan kacamata, pigura fotovas bunga dan aksesoris lainnya.

Baca Juga  Material Penyusun Beton Bertulang Lengkap Penjelasan dan Tabel

Ukuran meja nakas bervariasi, mulai dari 45×45 cm sampai 60×60 cm

3. Console Table

Sama sepeti end table , console table juag bersifat opsional. Tetapi meja ini akan lebih fungsional dan serbaguna jika di hadirkan. Console table berguna untuk meletakan telepon,pernak pernik, hiasan, kacamata maupun alat tulis.

Meja konsol dapat juga di letakan di pojok-pojok ruangan atau sisi samping depan pintu. ukuran meja konsol tak terlalu besar sehingga tak memakan banyak space ruangan.selain itu, meja konsol juga menjadikan ruangan yang tadinya membosankan menjadi lebih menarik 🙂 .

4. Working Table

Working table merupakan meja yang berguna untuk meningkatkan produktifitas dalam bekerja. meja kerja dapat di sesuaikan penataan nya sesuai kebutuhan kantor, biasa setiap pengguna kebutuhannya berbeda. meja kerja biasanya di lengkapi dengan storage alat-alat kerja

Berikut contoh working table yang kami ambil dari berbagai sumber :

meja kerja
meja kerja
meja kerja
meja kerja
meja kerja
meja kerja
5. Dining Table
meja makan
meja makan

Dining table adalah meja yang digunakan untuk aktifitas makan atau biasa disebut meja makan. dengan kebutuhan untuk tempat saji makan, tentunya meja ini akan di letakan di ruang makan. ruang makan juga sering di jadikan sebagai tempat ruang kumpul keluarga.

Berikut di atas adalah beragan jenis meja yang telah di katagorikan tersebut, semoga bermanfaat 🙂

Baca Juga  Gambar Kreasi Kelas Kreatif Yang Mudah Dibuat