Fungsi Kayu Pada Bangunan Sebagai Bahan Material Bangunan

Fungsi kayu pada bangunan – Kayu merupakan bahan bangunan yang diperoleh dari hasil penebangan pohon, baik di hutan alam, hutan tanaman industri (HTI), maupun tempat-tempat lainnya.

Kayu untuk bahan bangunan harus dipilih sedemikian rupa sehingga tidak memiliki cacat-cacat yang dapat membahayakan konstruksi bangunan. Untuk keperluan tersebut, kayu dari sebatang pohon dapat dibagi menjadi 6 bagian, yakni:

– bagian akar
– bagian pangkal
– bagian tengah
– bagian ujung
– bagian percabangan dan
– bagian cabang dan ranting.

Namun, hanya beberapa bagian dari  kayu pohon yang dapat di jadikan material bangunan, antara lain :

  • Bagian Kayu Teras : untuk pembuatan parket/finishing lantai, pembuatan tiang, pembuatan dinding kayu,pembuatan kontruksi bangunan
  • Bagian Kayu Gubal : membuat dinding kayu, membuat parket. namun di usahakan tidak untuk membuat kontruksi, karena kayunya kurang kuat.

Selebihnya, baca deskripsi di bawah ini :

Fungsi Kayu Pada Bangunan

fungsi kayu pada bangunan

Bagian pohon yang dapat dipakai ata ber fungsi sebagai bahan bangunan ialah bagian pangkal dan unsur tengah. Bagian pangkal lazimnya tidak mempunyai cacat bawaan sehingga lumayan baik untuk dipakai pada konstruksi bangunan. Bagian tengah kadang-kadang mempunyai mata kayu, bilamana mata kayunya ≤ 5 cm maka dapat dipakai untuk bahan bangunan. Potongan batang pohon secara melintang beserta bagianbagian kayunya.

Bagian Kayu Letak Ciri-ciri Fungsi

  1. Kulit kayu

    fungsi kulit kayu
    fungsi kulit kayu

    Kulit ialah salah satu unsur dari kayu. Kulit ini adalah bagian yg sangat luar yg dipunyai oleh kayu. Kulit kayu ini sendiri mempunyai dua bagian, unsur kesatu ialah kulit unsur luar yg mati, dan yg kedua ialah kulit dlm yg mempunyai sifat hidup. Kulit unsur luar yg mati mempunyai ketebalan yg berbeda-beda.

    Ketebalan ini menurut jenis pohon tertentu, kering, dan pun warna tua pada kulit pohon. Bagian kulit yg kedua ialah kulit dlm pohon yg mempunyai sifat hidup. Kulit dlm hidup ini mempunyai ketebalan yg paling tipis. Fungsi kulit unsur dlm ini ialah membawa getah yg dirubah daun ke unsur pohon yg sedang tumbuh.

    Di samping itu, kulit dapat melindungi unsur dlm kayu dari kehancuran yg disebabkan oleh serangga, hama, iklim, dan kebakaran. Sehingga kulit ini bisa memaksimalkan faedah bagian kayu bahan bangunan supaya tetap kokoh dan kuat.

    Sifat dan ciri Kulit pohon :
    – Bila telah lama mati akan terkelupas
    · Bila tumbuh keluar akan pecah dan diganti oleh kulit dalam
    · Pelindung bagi pohon yang sedang tumbuh.
    · Mencegah penguapan dari lapisan kambium dan kayu gubal.
    · Pelindung terhadap pengaruh dari luar seperti iklim, serangan serangga dan hama.

  2. Kambium

    Fungsi kambium kambium, bagian dari kayu yg selanjutnya ialah kambium. Kambium ini adalah jaringan pada kayu yg tipis dan bening. Bentuknya semacam lender yg terdapat pada unsur antara kulit dan kayu.Di samping itu fungsi kambium juga dapat melingkari kayu, ke arah luar menyusun kulit kayu yg baru dan menggantikan kulit lama yg telah tua dan rusak, dan ke arah dlm menyusun kayu yg baru. Sehingga kayu ini bakal terus dimodernisasi untuk menambah kualitas dan kekuatan kayu yg adalah bagian dari faedah bagian kayu bahan bangunan.Ciri – ciri Kambium kayu pohon :
    – Mengitari kayu gubal, jaringan tipis dan bening
    – Membuat sel-sel kulit dan sel-sel kayu (ke arah luar membentuk kulit baru, ke arah dalam membentuk kayu baru)

  3. Kayu gubal

    fungsi kayu gubal dan teras
    fungsi kayu gubal dan teras

    Kayu gubal ialah bagian dari kayu yg akan dipakai nantinya sebagai bahan bangunan. Kayu gubal ini ialah bagian kayu yg masih muda yg terdiri dari sel-sel dlm kayu yg masih hidup. Kayu gubal ini letaknya disebelah kambium dan kegunaannya sebagai distributor cairan dan sebagai lokasi penimbunan zat-zat makanan pada kayu.

    Penimbunan zat-zat makanan ini yg bakal terus meluangkan makanan yg diperlukan oleh kayu pada masa perkembangan dlm pohon. Kayu gubal ini memiliki tebal selama 20 cm. Semakin besar ukuran kayu gubal, maka semakin kuat pun kayu yg akan dipakai untuk bahan bangunan.

    Ciri sifat kayu gubal :

    · Warna keputih-putihan
    · Mengitari kayu teras
    · Mudah diserang serangga
    · Mengandung zat tepung
    · Lapisan lebih tebal
    · Mengangkut air berikut zat makanan dari tanah ke daun

  4. Kayu Teras

    fungsi kayu gubal dan teras
    fungsi kayu gubal dan teras

    Kayu teras ini yg akan menciptakan kayu menjadi semakin keras dan menciptakan batang pada pohon supaya tetap kokoh berdiri. Kayu teras ini ialah bagian kayu yg telah menua, mengeras dan memadat, dan lebih keras dan warnanya lebih tua bila dikomparasikan dengan unsur kayu gubal. kayu teras merupakan faedah bagian kayu bahan bangunan yg utama ialah konstruksi bangunan.

    Ciri – ciri kayu teras :
    · Warna tua
    · Tidak mudah busuk
    · Berasal dari kayu gubal
    · Sebagai penopang bagi batang/pohon.
    · Dipakai sebagai bahan konstruksi

  5. Kayu Hati
    Hati kayu ialah salah satu unsur yg ada dlm pusat lingkaran tahun. Hati kayu ini seringkali digunakan guna menilai jenis sebuah pohon. Penentuan jenis pohon ini bisa mempermudah konsumen memilih kayu apa yg diharapkan untuk penciptaan rumah. Hati kayu ini bisa mempunyai sifat lunak atau rapuh pada jenis kayu tertentu, tetapi ada pula yg sifatnya keras pada jenis kayu tertentu.sifat-sifat kayu hati :
    · Lunak dan rapuh
    · Berasal dari kayu awal
  6.  Jari-jari kayu 
    Jari-jari kayu ini berbentuk tegak lurus pada batang dari kulit ke hati yg bermanfaat sebagai tempat drainase makanan yg gampang untuk diproses di dlm daun untuk menolong pertumbuhan pada pohon. Semakin baik jari-jari pada pohon, maka semakin cepat pula kayu dapat ber fungsi  sebagai bahan bangunan.- Mempunyai ukuran berbeda pada masing – masing pohon
    · Tumbuhnya kelintang datar dari arah hati keluar
    · Untuk menyalurkan makanan dari kulit dalam ke bagianbagian dalam dari pohon.
  7. Golong/ lingkaran tahun
    manfaat lingkaran tahun, Lingkaran tahun ialah batas antara kayu yg terbentuk pada permulaan dan akhir pada sebuah musim. Lingkaran tahun dapat untuk memahami umur sebuah pohon. Jika umur sebuah pohon telah tua, maka faedah bagian kayu bahan bangunan pun akan bermanfaat secara optimal dlm kekuatan maupun fasilitas dlm pemakaianya.

    Ciri sifat lingkaran tahun pada kayu :
    · Kayu di daerah tropis pertumbuhannya merata sepanjang tahun
    · Gelang-gelang yang tampak pada penampang melintang menunjukkan umur pohon

Fungsi kayu pada bangunan membuat kayu hasil penebangan pohon yang masih dalam bentuk asli disebut kayu gelondongan (log). Panjang kayu log umumnya kurang dari 5 (lima) meter. Kayu kemudian ditanggalkan kulitnya atau sebagian besar kayu gubal nya, ada yang berbetuk dolk.

Kayu tersebut selanjutnya diangkut ke pabrik penggergajian. Sebelum dilakukan penggergajian, harus dirancang dimensi kayu gergajian yang akan dihasilkan sesuai dengan keadaan kayu teras. Sebab kayu teras mengalami susut lebih kecil dari kayu gubal. Tanpa memperhitungkan susut tersebut, hasil gergajian akan menghasilkan bentuk kurang baik (bengkok atau terpuntir).

Produksi kayu gergajian  atau lumber yang akan digunakan untuk konstruksi lazimnya berbentuk batang kayu segi empat panjang balok dan lembaran kayu pipih segi empat panjang (papan).

Berdasarkan keterangan dari Ariestadi  guna menghasilkan produk kayu gergajian yang baik dan tepat guna ada 3 (tiga) cara penggergajian yang baik sehubungan dengan penyempitan kayu ketika pengeringan, yaitu:

  • lurus (plain sawing),
  • perempat bagian(quarter sawing)
  • penggergajian tipikal (typical sawing).

 

Baca Juga  Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli Arsitek