Desain Lighting Ruang Tamu Yang Ideal

Desain lighting ruang tamu – Ruang tamu merupakan suatu ruangan yg menyediakan space untuk melayani tamu dan menompang kegiatan bertamu dalam suatu bangunan rumah tinggal. Ruang tamu merupakan salah satu ruang yg penting untuk didesain/ penting penataan nya, karena ruang tamu merupakan wajah dari Rumah yg di lihat pertama kali oleh tamu.

Apa yg akan kalian temukan di artikel ini ?
1. Pengertiaan ruang tamu
2. Tips cara menata lighting ruang tamu
3. Contoh Desain lighting ruang tamu [ scroll ke bawah ]

Lighting pada ruang tamu berguna sebagai menerangan di dalam ruangan. Penataan cahaya atau lightingpun penting sebab dngan adanya cahaya, maka ruangan dpat di seting menjadi apa saja cocok dengan keinginan kalian dan kecerdasan dalam mengatur cahaya beserta efek yg bisa diciptakan. Pencahayaan pada ruang tamu pun harus diimbangi dengan pengaturan lay out ruangan tamu itu dan format serta pengaturan furniturnya.

Desain Lighting Ruang Tamu

Pencahayaan atau lighting ruang tamu yg baik dpat membuat pkalianngan mata menjadi nyaman, bahkan dengan efek dan pengaturan yg sempurna cahaya dpat menciptakanĀ desain lighting ruang tamu suasana ruangan menjadi tampak mewah dan menawan. Saat kalian kedatangan tamu tentulah ruang tamu yg menjadi lokasi untuk bersinggah, baygkan saja bilamana ruang tamu berantakan dan tidak cukup cahaya sehingga desain lighting ruang tamu menciptakan ruang tamu yg tidak nyaman, tentu tamu akan cepat hendak pulang.

Baca Juga  Cara Mendekorasi Rumah di Setiap Ruangan Agar Terlihat Rapih

Apa kata semua tamu bilamana ruangan bertamu kalian tdak nyaman oleh mereka para tamu ? Oleh karena nya ruang tamu mesti memiliki lighting yg estetis dan nyaman dimata sehingga suasana dalam ruang tamu dpat maksimal. Oleh sebab itu Archizone.org akan berbagi tentang ” Desain lighting ruang tamu “

Ketahui pencahayaan yg di butuhkan

Langkah awal yg kalian kerjakan sebelum mengatur pencahayaan ialah mengetahui keperluan cahaya didalam ruang tamu kalian. Untuk bisa mengetahui keperluanĀ  pencahayaan, Ada sejumlah hal yg butuh kalian simak seperti kegiatan apa sajakah yg kalian kerjakan didalam ruang tamu? desain lighting ruang tamu dan jenis penyinaran seperti apakah yg dibutuhkan untuk itu?. Dengan memahami jawaban dari pertanyaan itu maka bakal mempermudah kita memilih penyinaran yg tepat guna ruang tamu idaman kalian.

desain lighting ruang tamu

desain lighting ruang tamu

desain lighting ruang tamu

Pastikan seluruh sudut ruangan terang

Untuk menciptakan ruangan yang nyaman, pastikan seluruh sudut ruangan terang. Jangan lupa untuk menambahkan standing lamp di sudut ruang yang gelap atau di belakang pot tanaman bagi yang ingin lebih menonjolkan keindahan tanaman tersebut.

desain lighting ruang tamu
desain lighting ruang tamu
desain lighting ruang tamu
desain lighting ruang tamu
desain lighting ruang tamu
desain lighting ruang tamu

Buat Pencahayaan sebagai Dekoratif atau memperindah suasana

Selain guna menerangi segala kegiatan didalam ruang tamu, sistem penyinaran yg teratur dengan baik pun dapat menjadi di antara elemen dekoratif yg menarik. Oleh karena tersebut kalian butuh menyesuaikanlah sistem penyinaran yg bakal kalian pakai dengan interior ruang tamu favorit kalian desain lighting ruang tamu.

Baca Juga  Desain Interior Ruang Keluarga dan Cara Menatanya

Dengan begitu ruang tamu Akan tampak lebih estetis dan dramatis. Pilihan desain penerangan pun bisa kalian temukan dengan gampang di toko-toko elektronik mulai dari lampu berwarna sampai pelbagai armatur juga tersedia.

desain lighting ruang tamu
pencahayaan dekoratif

Sesuaikan dgn ukuran ruang tamu

Beda ukuran ruangan tentu berbeda pula kapasitas cahaya atau jumlah lampu yg digunakan. Bila mempunyai ruang tamu berukuran kecil sepertinya kalian tdk perlu membutukan pencahayaan yg terlalu banyak namun apabila ruang tamu kalian berukuran besar maka kalian perlu memasang beberapa lampu tambahan supaya pencahayaan di dalam ruang tamu dapat tersebar merata.

Selain itu, untuk ruang tamu yg besar kalian juga dapat menggunakan lampu gantung berkapasitas besar. Tapi jangan gunakan lampu gantung untuk ruang tamu kecil karena hal ini justu akan membuat ruang tamu tersebut terlihat sesak.

desain lighting ruang tamu
desain lighting ruang tamu
desain lighting ruang tamu
desain lighting ruang tamu

Atur arah pencahayaan/ lighting

Untuk mendapatkan penyinaran yg merata kita perlu menata arah cahaya lampu yg ada didalam ruang tamu. Ada tdk sedikit cara yg dapat dipakai untuk mendapatkan lighting yg merata. Ada tipe penyinaran yg menyemprot dari permukaan lantai mengarah ke langit-langit dan kebalikannya ada tipe penyinaran desain lighting ruang tamu dari plafon menyemprot kebawah.

Misalnya bila kalian hendak menerangi unsur tertentu pada ruang tamu, kalian dapat menggunakan lampu sorot dan mengarahkannya pada unsur ruang tamu yg kita inginkan, atau dapat juga menanam sebuah lampu duduk pada tempat tersebut.

Baca Juga  55+ Sketsa Rumah Minimalis, Sederhana dan Modern
desain lighting ruang tamu
desain lighting ruang tamu

desain lighting ruang tamu

Manfaatkan cahaya alami pada siang hari

Menggunakan terlalu tdk sedikit pencahayaan pada ruang tamu sebenarnya pun tdk baik sebab hal ini sama saja kalian bakal boros dalam memakai listrik. desain lighting ruang tamu oleh karena tersebut bila memadai betapa baiknya bila kalian dapat memanfaatkan cahaya matahari guna penerangan pada siang hari. Langkah yg sangat umum guna menghadirkan cahaya alami didalam ruang tamu ialah dgn mendesain tirai agar cahaya matahari bisa masuk kedalam ruangan pada siang hari. Cahaya alami yg masuk kedalam ruang akan menciptakan ruang tamu tampak lebih segar.

desain lighting ruang tamu

desain lighting ruang tamu

 

Pilih warna cahaya yg sesuai

Ada tdk sedikit pilihan jenis dan warna lampu yg bisa kalian pakai untuk ruang tamu kalian. Bila ruang tamu tdk dapat mendapatkan cahaya matahari , maka kita dapat memakai lampu halogen sebab pancaran cahaya lampu halogen akan menyerahkan suasana seakan-akan seperti siang hari. Atau memakai lampu berwarna kuning bila kalian memberikan kesan hangat pada ruang tamu. Bila ruang tamu hendak terlihat lebih alami, kita dapat memakai lampu berwarna putih desain lighting ruang tamu .

desain lighting ruang tamu

desain lighting ruang tamu

Memiliki desain lighting ruang tamu akan menyerahkan rasa nyaman saat melakukan berbagai kegiatan, ruang tamu juga akan muncul dgn keadaan yg nyaman. Tips-tips yg kami merikan diatas dapat menolong kalian guna mendapatkan ruang tamu dgn penyinaran yg baik. Semoga bermanfaat.