Berkunjung Ke Desa Wisata Rotan Trangsan Sukoharjo

Desa Wisata Rotan Trangsan Sukoharjo

Oleh : Belly Adam G.

PENDAHULUAN

Dengan ada nya salah satu persyaratan tugas Desain furnitue 3 yaitu membuat mockup 1:1 denagn bahan utamanya adalah rotan/kayu.maka pada kamis,26 oktober k

ami satu kelas angkatan 2015 yang mengambil mata kuliah desain furniture mengikuti kunjungan workshop di desa wisata trangsan sukoharjo.dengan mengunjungi desa wisata rotan ini untuk menjadi referensi dan pengetahuan akan industri rattan di indonesia.dalam kunjungan ini dimaksudkan agar mahasiswa tahu studi kelapangan bukan hanya kuliah teori didalam ruangan tanpa tahu seluk beluk dilapangannya.karena nantinya sebagian besar profesi interior/furniture akan menghabiskan waktu dilapangan atau workshop ketimbang hanya didalam ruangan saja.

TUJUAN KUNJUNGAN

Adapun beberapa tujuan dengan diadakannya kunjungan ke desa wisata trangsan,yaitu yang pertama sebagai syarat tugas UTS mata kuliah desain furniture 3,selanjutnya adalah menjadi referensi pembuatan mockup furniture rattan 1:1 karena di desa ini terdapat puluhan pengrajin yang akan membuat pilihan mahasiswa dalam membuat mockup 1:1 menjadi lebih banyak,selanjutnya yaitu mengenalkan dan studi lapangan tentang pembuatan dari  masih bentuk rattan mentahan sampai jadi kursi yang baik,serta mengenalkan industri rattan kepada mahasiswa yang nantinya akan berekecimpung dalam bidang interior dan furniture.

desa trangsan
desa trangsan

TUJUAN LAPORAN

Laporan Desa Wisata Rotan Trangsan ini disususun untuk memenuhi sayarat dan tugas UTS mata kuliah desai furniture 3 yang menjadi tolak ukur kelulusan di akhir semester.

Adapun metode dari kunjungan ini adalah :

1.Metode observasi penyusun melakukan observasi lapangan ke salah satu pengrajin yrattan yang sudajh ditetukan oleh oihak sana untuk mengambil dan mengumpulkan data.

2.Metode waancara melakukan tanya jawab kepada pemilik dan juga pengrajin dari salah satu rumah ndustri yang dikunjungi.

READ  Desain Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam

3.Metode ceramah,beberapa pihak ketua atau kepala desa dari desa trangsan tersebut memberikan ceramah memberikan penjelasan secara garis besar terhadap industri rattan di indonesia.

MANFAAT KUNJUNGAN

Dengan diadakan kunjungan /workshop ke desa wisata trangsan diharapkan agar para mahasiswa lbih terbuka wawasannya terhadap industri rattan,dan juga memberikan referensi tempat untuk pembuatan mockup tugas desain furniture3 di akhir semester nanti,serta mampu membuat desain yang laku dipasaran.

LOKASI KUNJUNGAN

Lokasi Desa Wisata Trangsan berada di Luang, Gatak, Sukoharjo Regency, Central Java, Luwang, Gatak, Gatak Sukoharjo, Central Java 57557.

Desa Wisata Rotan Trangsan

PEMBAHASAN

Kamis,26 Oktober 2017 berangakat dari kampus jam 8 pagi sampai di desa wisata tragsan jam 9 pagi rombongan mahsiswa kemudian diarahkan ke suatu tempat seperti aula yang isinya adalah product dari desa wisata trangsan tersebut.setengah jam kami berada diruangan itu sambil menunggu dosen yang sedang berbincang kepada kepala desa wisata trangsan,kami pun juga turu mendokumentasikan beberapa kursi atau furniture yang menarik disitu.

Selanjutnya Setelah setengah jam di ruangan itu kami dibawa ke tempat semacam aula atau tempat pertemuan warga di desa itu.didalamnya sudah dipersiapkan kursi kursi rapi dengan meja panjang didepannya.kami dipersilahkan duduk dengan pengurus dan dosen satu persatu menyampaikan sambutannya.disana kepala menjelaskan secara garis besar tentang bagaimana industri rattan di indonesia,bagaimana cara membuat desain yang laku dijual dipasaran yang sedang ngetrend dipasaran.lalu dijelaskan juga prospek industri rattan indonesia kedepannya,”kita itu kekurangan desainer yang bisa membranding produknya itu menarik dan membuat pasar internasional itu tertarik kepada desain kita,kebanyakan meraka hanya mengirimkan desain via email dan minta tolong untuk kita membuatnya,jadi kita itu masih pekeraja bukan sebagi pencipta karya” ujar salah satu ketua di desa trangsan tersebut.maka dari itu pihak desa wisata trangsan dengan dosen membuat kesepakatan untuk 3 aau 5 karya terbaik utuk digratiskan biaya prodksinya.

READ  Gambar Warung Sembako Modern Sederhana [ Foto dan Desain ]
Desa Wisata Rotan Trangsan
Desa Wisata Rotan Trangsan

Setelah selesai dari ruang pertemuan itu kami di bagi menjadi 4 kelompok sesuai nama diabsensi sekitar 10 orangan kemudian kami diantar ke salah satu pengrajin yang ssudah ditentukan oleh pihak desa.disanana nantinya kami bebeas bertanya terntang rotan baik itu jenis ratan proses pembutan ,finishing waktu pembuatan,biaya produksi hingga produksinya.

Kami diantar di salah satu pengrajin disan terdapat sebuag rumah dengan workshop pabrik disebelahnya.ada beberapa pengrajin yang sedang mebuat rattan.didepan rumah juga kami melihat puluhan kursi rattan yang sipa di ekspor ke amerika menurut si pemiliknya.kemudian pemilik membawa kami dan menjelaskan kami tentang industri rattan bagaimana pembuatan sampai finishingnya.tetapi tempat yang kami kunjungi itu kebetual adalah tempat unfinshing yang artinya hanya sampai ke produksinya saja

Memang kebnyakan penghasil ratan ialah pulau sulawesi dan kalimantan bahkan kata sipemilik ada rattan yang paling mahal yaitu rotan sarang buaya,mengapa dinamakan sarang buaya karena memnag rotan itu tumbuh di rawa rawa tempat dari buaya di kalimantan,dan untuk mengambil ratan tersebut para petani ratan harus sangat berhati hati,tetapi memang warna dan kualitas rotan sarang buaya memang sangat bagus.selanjutnya dalah ukuran dari ratan tersebut dibagi 3 yaitu rotan besar dan kecil.

Desa Wisata Rotan Trangsan
Desa Wisata Rotan Trangsan

-Berdiameter kecil, rotan yang berdiameter kurang dari 18 mm, seperti Rotan Sega, Irit/Jahab, Jermasin, Pulut Putih, Pulut Merah, Lilin, Lacak, Manau Padi, Datuk Merah, Sega Air, Ronti, Sabut, Batu, Tapah, Paku dan Pandan Wangi.

 – Berdiameter besar, rotan yang berdiameter l8 mm atau lebih, seperti Rotan Manau, Batang, Mantang, Cucor, Semambu, Wilatung, Dahan, Tohiti, Seel, Balukbuk, Bidai, Buwai, Bambu, Kalapa, Tiga Juru, Minong, Umbulu, Telang dan Lambang.

Selanjutnya adalah proses pembuatan dari pengrajin yang menganyam sampai membengkokan rotan tersebut.rata rata satu kursi rotan tersebut jadi dalam 3 hari tergantung dari kesulitan kursi tersebut.

READ  Cat Interior Rumah Minimalis yang Cocok untuk Rumah

Yang pertama adalah proses awal baanget dari pembuatan kursi rotan bagaimana pengarajin membuat kerangka dan melengkungkan rotan guna menjadi kerangka kursi yang baik.

Proses yang kedua itu adalah proses menganyam rotan yang mana kerangka kursi sudah jadi dan sipa untuk dianyam esuai dengan pesanan.

Proses selanjutnya adalah masih meenganyam untuk produksi masal pengarajin bisa menganyam sampai puluhan kursi ratan per minggu guna untuk diproduksi dalam jumlah banyak.

Foto terakhir itu proses penyeprotan finishing setelah kursi selesai dianyam lalu difinishing agar terlihat bagus,dalam proses ini memang mengasilkan bau yang tidak sedap.

KESAN DAN SARAN

Kesan

  1. Sambutan yang baik dan ramah oleh pihak desa wisata trangsan.
  2.  kunjungan ini sangat bermanfaat karena menambah ilmu serta gambaran tentang industri ritan di indonesia.
  3. Sangat antusias dengan rotan dan tertarik untuk mendalami dan mempelajari serta ikut serta kedalam industri rotan di indonesia.

Pesan

Pesannya yaitu setiap kleompok tidak mengunjungi hanya satu tempat saja,sehrausnya  ada 3-5 tempat rumah pengrajin yang dikunjungi agar bisa menambah referensi serta ilmu dan wawasan dari setiap pengrajin rotan tersebut.