Cara Menggambar Arsitektur Bangunan Dan Contohnya

Cara Menggambar Arsitektur Bangunan – Dalam dunia arsitektur dan desain dibutuhkan komunikasi secara visual dan cara tercepat dan yang terbaik pun untuk ekspresi ide adalah membuat sketsa. Namun tidak sedikit mahasiswa arsitektural baru yang baru mulai kelemahan kemampuan alami untuk menggambar sketsa semacam itu. Mereka butuh pembelajaran lebih untuk menggambar dan mengetahui dasar-dasar sketsa yang akan memakan waktu kita untuk belajar.

Mudah berkecil hati bila kita menghasilkan  sketsa atau yang buruk/jelek, yang tidak proporsional dan terlihat banyak aneh yang. Jangan khawatir, kita mesti menyimpannya, dan tau bahwa diperlukan sedikit waktu untuk mengejar ketertinggalan kita. Bila kita melakukannya, paling bagus untuk memiliki keyakinan diri terhadap keterampilan yang kita miliki. Tips-tips gambar inilah akan membantu setiap pemula untuk menggambar arsitektur bangunan.

TIPS CARA MENGGAMBAR ARSITEKTUR BANGUNAN

#1. GUNAKAN GARIS PERSPEKTIF TITIK HILANG

Menggambar dengan cara perspektif titik hilang itu adalah hal yang paling penting dan wajib di ketahui bagi yang ingin belajar cara menggambar arsitektur bangunan. cara menggambar perspektif sendiri adalah dengan membuat 2 titik hilang atau end point sebagai titik dimana objek terjauh. selengkapnya kalian bisa lihat dan mencermati gambar di bawah ini :

cara menggambar arsitektur bangunan
menggambar arsitektur bangunan
menggambar arsitektur bangunan
cara menggambar perspektif 2 titik hilang

#2. MENIRU ATAU MENGGAMBAR ARSITEKTUR BANGUNAN

Cobalah untuk meniru atau menggambar ulang bangunan arsitektural yang sudah ada taau bangunan terkenal. gambar lah itu untuk melatih kebiasaan tangan mu.

menggambar arsitektur bangunan (2)
contoh gambar arsitektur terkenal
contoh gambar arsitektur terkenal
contoh gambar arsitektur terkenal

 

 

#3. RILEKS DAN JADIKAN BENDA SKITAR MENJADI REFERENSI BANGUNANMU

Masalah yang sangat penting ketika kita mulai membuat gambar sketsa adalah kita tidak mengarahkan pena / pensil kita dengan menekuk pergelangan tangan atau siku kita. “Kunci pergelangan tangan dan siku kita ke sudut yang nyaman dan melulu menggerakkan semua lengan kita saat menciptakan sketsa.

READ  Contoh Nirmana Garis Geometris

Jadikanlan benda benda di sekitar kita menjadi inspirasi kita saat menggambar, mungkin tas kita, mungkin kucing kita , mungkin tumbuhan atau bahkan sadal kita seperti yang di lakukan arsitek di bawah ini :

gambar bangunan terispirasi dari benda skitar
gambar bangunan terispirasi dari benda skitar

gambar bangunan terispirasi dari benda skitar

#4. PASTIKAN POSISI TANGAN KITA BENAR
Posisikan tangan kita di ujung pensil untuk mendapatkan kontrol dan ketepatan lebih. Ini pun menghasilkan tkita yang lebih gelap. Di sisi lain, posisikan tangan kita ke atas pensil menciptakan kita tidak cukup terkendali, menghasilkan tkita yang lebih ringan.

menggambar arsitektur bangunan
menggambar arsitektur bangunan

#5. PAKAILAH GRADASI WARNA ATAU GRADASI PENSIL
Untuk menciptakan sketsa yang lebih terlihat hidup atau nyata, usahakanlah membuat sekian banyak garis dengan bergeser dari garis tebal ke  tipis dan dari cahaya terang ke gelap. Ini akan jadi kendala di awal bagi pemula, namun kita dapat menguasainya dengan berlatih memakai nilai pensil yang berbeda tingkatan (dari 3H hingga 6B) dan dengan memegang pensil pada sekian banyak sudut.

Ingatlah bahwa kita mesti memakai garis berat untuk membantu menyampaikan efek ruang pada sketsa kita. Jika kita hendak menghasilkan gambar yang dinamis dan unik, carilah garis tidak teratur. Mereka dapat mengganti sketsa kusam, datar dan halus menjadi yang menarik

menggambar arsitektur
gradasi warna

#6. TANBAHKAN TEKSTUR DAN DETAIL
Bila memakai cat air, kita dapat menambahkan sentuhan kasar pada gambar kita. Jadi tidak boleh menambahkan air ke semua sketsa sampai-sampai kita dapat tampil semarak.

menggambar arsitektur bangunan
menggambar arsitektur bangunan

#7. HINDASI BENTUK YANG TERLAMPAU SIMETRIS
Menggambar bangunan arsitektural yang imbang itu hal paling penting, tetapi menyempurnakan sketsa simetris yang tepat barangkali terlihat membosankan. Jadi tambahkan beberapa perubahan sederhana, tetapi jagalah garis general simetris supaya gambar kita tampak menarik.

menggambar arsitektur bangunan
menggambar arsitektur bangunan

#8. LEMBAR GAMBAR USAHAKAN TETAP BERSIH

Jangan bairkan noda merusak gambar arsitektur kita. Letakkan selembar kertas  di bawah tangan kita untuk menghindari noda yang tidak diinginkan. Juga, mulai shading dari kiri ke kanan, jika kita kidal, dan bayang-bayang dari kanan ke kiri .

READ  55+ Sketsa Rumah Minimalis, Sederhana dan Modern

Di sisi lain, jika kita hendak menambahkan noda yang disengaja untuk memperlancar shading, kita dapat menggunakan sebuah / selembar kertas tisu. shading itu bayangan gelap.

menggambar arsitektur bangunan
menggambar arsitektur bangunan

9. GAMBARLAH LANGIT
Gambarlah langit tanpa cela yang akan membuat gambar bangunan yang kamu hasilkan lebih real. langit juga menjadu unsur penghidup gambarnya, jadi usahakan yah jangan melewatkannya 🙂

menggambar arsitektur bangunan (1)
menggambar langit

Itulah artikel tentang cara menggambar arsitektur bangunan. jika ada yang perlu di tanyakan bisa langsung komen di bawah ini .semoga artikel ini bermanfaat bagi kita. aminn