Cara Ampuh Menata Dapur Kecil Tanpa Kitchen Set Agar Terlihat Rapi

Menata dapur kecil tanpa kitchen set – Pada prinsipnya, dapur merupakan suatu ruangan yang memiliki fungsi sebagai pengolah dan membuat makanan yang akan di pakai oleh penghuni rumah. dapur sendiri banyak memiliki variasi bentuk / desain maupun literatur dan fungsi.

Dapur kecil tapi rapi ? ya! tentu saja bisa ! dapur kecil tanpa kitchen set akan terlihat rapih dan lebih menarik dengan tips atau cara yang akan kami sajikan di artikel ini akan berguna untuk menata dapur kontrakan atau dapur rumah.

CARA MENATA DAPUR KECIL TANPA KITCHEN SET

Pada dasarnya, dapur memiliki kitchen set tersendiri yang tersusun dari storage. namun jika space dapur kita kecil atau kita ingin dapur mungil. tak adasalahnya menata dapur kecil tanpa kitchen set ? iya kan ? oke ikuti tips di bawah ini 🙂

 

#1. JADIKAN DINDING KOSONG SEBAGAI TEMPAT GANTUNGAN PERALATAN DAPUR

Manfaatkanlah dinding kosong di dapur sebagai tempat menggantung alat alat yang ada di dapur. Tanpa kitchen set, dapur kita akan lebih kosong terutama dindingnya, isalah dengan gantungan untuk menaruh spatula, panci dll. gantungan dapat juga untuk membubuhkan panci, gelas atau cangkir.

Jika ada area dinding kosong di atas bak cuci, kita bisa meletakan rak piring yang bermanfaat untuk meniriskan air setelah dibersihkan sehingga lebih rapi. Gunakan rak dinding tempel guna menghemat ruangan.

Baca Juga  Inspirasi Desain Meja Dapur Cor Minimalis Hemat Biaya
menata dinding dapur agar rapi
memanfaatkan space dinding untuk gantungan alat

 

 

#2. GUNAKAN RAK PADA DINDING

Jika kita mempunyai dapur yang tidak begitu luas, kita bisa mengakalinya dengan lemari atau rak vertikal supaya menghemat ruang. Akan lebih baik andai tanpa penutup atau lemari kaca transparan sehingga menciptakan ruang tetep tampak luas dan rapi.

Cara menata dapur kontrakan kecil juga bisa di terapkan pada tips tips ini.  Rak vertikal dapat dipakai untuk menyimpan perlatan masak seperti blender, baskom dan sebagainya. Susun sedemikian rupa agar mudah memungut saat dibutuhkan dan tetap rapi walau tanpa kitchen set.

 

rak dinding dapur kecil
rak dinding dapur kecil

Baca juga : Desain dapur sederhana tanpa kitchen set

#3. KELOMPOKAN JENIS PERALATAN DAPURNYA

Agar gantungan dan rak yang sudah di buat terlihat lebih rapi, maka harus lah kita menyusun barang/peralatan yang akan di letakkan di situ dengan cara mengelompokannya sesuai dengan jenisnya. misal rak paling atas diisi dengan bahan makanan, rak nomer 2 di isi dengan piring dan gelas gelas dan seterusnya. itu akan membuat dapur kita lebih rapi.

#4. MEMAKSIMALKAN SPACE PADA KABINET BAWAH / MEJA DAPUR.

Jika kita mempunyai kabinet  yang biasanya di dapur bagian bawah, maksimalkanlah itu. Jangan  hanya bagian dalam lemari saja, tetapi pintu, laci dan unsur lain di dalam kabinet agar peralatan masak di dapur terlihat rapi. Caranya gampang, misal ingin memaksimalkan pintu kabinet, itu dengan cara bikin kantong simpel untuk kemudian tempelkan di unsur pintu. Sementara unsur depan pintu bisa dijadikan lokasi untuk menempel rak. Rak ini dapat dipakai untuk menyimpan bumbu-bumbu dapur.

Baca Juga  Desain dapur minimalis ukuran 2x2 meter Simpel tapi Mewah

Lihat gambar di bawah ini, penataan di gambar ini sangat maksimal, dimana space yang ada terisi dan tak akan membuang bnyk space. sehingga peralatan dapur masuk ke dalam kabinet. alhasil dapur kana terlihat rapih karena tak ada barang2 di luar yang berserakan.

Baca juga : Model kitchen set aluminium

#5. MANFAATKAN SPACE SEKECIL APAPUN UNTUK DI JADIKAN STORAGE/PENYIMPANAN

Jika kita akan menata dapur kecil tanpa kitchen set, pastilah yang kita inginkan itu rapih! iya kan ? Tips yang satu ini akan sangat. ” manfaatkan space yang ada” . seperti contoh di bawah ini : 

menata dapur kecil tanpa kitchen set

Pada Contoh di bawah, pemafaattan ruang se-kecil itu akan sangat berpengaruh. lihatlah ruang kecil yang bahkan kita tak berfikir untuk menatanya, tpi di manfaatkan baik sebagai tempat bumbu. itu aka nsanagt menghemat ruang yang ada dan akan membuat “KAGUM” tamu yang berkunjung ke rumah kita ” wah kok bisa yah slimpetan kecil gini bsia di jadiin laci

cara menata dapur agar rapi

Sekian tips cara menata dapur kecil tanpa kitchen set agar terlihat rapih. tips ini juga bisa di terapkan untuk cara menata dapur kontrakan dan juga untuk dapur kecil tapi rapi. semoga tips ini bermanfaat bagi kita semua . amiiinnn 🙂

Baca Juga  Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan dan Dapur LENGKAP