Bahan Bangunan Rumah Minimalis

Bahan Bangunan Rumah Minimalis – Produksi bahan bangunan banyak tersebar di wilayah nusantara ini, bagaimanapun juga indonesia memang negara dengan kekayaan alam yang dapat di oleh menjadi material-material bangunan.

Bahan bangunan untuk rumah minimalis sebenarnya tak jauh berbeda dengan rumah rumah pada umumnya, yang membedakan rumah minimalis dengan rumah modern lainnya hanya “DESAIN” nya saja, yang bnyk berbeda hanya pada material finishing nya saja, contohnya pemakaian finishing Veener atau pemaikaian lantai parket pada rumah minimalis,pemakaian playwood dll. untuk melihat Material Finishing Rumah Minimalis.

BACA DULU┬á­čÖé : biasanya orang awam saat mencari “bahan bangunan rumah minimalis” biasanya mereka mencari material finishingnya, bukan bahan bangunan, jika benar itu yang ingin kamu ketahui,Mohon ke Halaman ini : >┬áMaterial Finishing Rumah Minimalis < .┬ádi postingan ini kami hanya kana membahas tentang bahan bangunan, bukan material finishing ­čÖé┬á

Berikut Kami jabarkan beberapa jenis material bahan bangunan pada rumah minimalis :

Bahan Bangunan Rumah Minimalis

1. Batu Bata

Batu bata merah
Batu bata

Batu Bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding. Batu bata terdiri dari tanah liat yang dihanguskan sampai berwarna kemerah merahan.

Namun seiring pertumbuhan teknologi, pemakaian batu bata untuk rumah minimalis semakin menurun. Karena ketika ini ada gipsum dan bambu mempunyai harga yang lebih murah maka sejumlah orang mulai berpindah dari batu bata ke gipsum dan bambu sebagai dinding.

Selain guna dinding gipsum dan bambu ini bisa memperindah hiasan dan terlihat menarik dari yang lainnya. Meski begitu, batu bata tetap menjadi primadona dalam menciptakan dinding yang lebih kokoh dari pada gipsum dan bambu.

Baca Juga  Jenis Material Finishing Interior Bangunan

Baca di sini : Ukuran Batu bata SNI dan cara menghitung kebutuhan batu bata untuk rumah 

2. Semen

material bahan bangunan rumah minimalis

Semen merupakan zat yang dipakai untuk merekatkan batu bata, batako, maupun bahan bangunan lainnya yang mempunyai sifat pengeras dengan bahan bangunan lainnya. Semen sangatlah menjadi komponen pembuat pondasi yang paling dikitalkan sebagai bangunan dasar.

Banyak terdapat sekian banyak jenis semen mulai dari semen tigaroda, holcim dan semen padang. Namun tak tidak jarang kali semen menjadi pondasi suatu bangunan, misalnya saja seperti rumah minimalis yang tercipta dari kayu. rumah minimalis dari kayu pasti saja sangatlah luwes tanpa mesti menantikan kering pondasi bangunan tersebut. rumah minimalis kayu jauh lebih cepat teratasi karena melulu merekatkan sekian banyak batang kayu menjadi suatu desain rumah minimalis dari mula hingga akhir.

3. Beton

beton bahan material bangunan rumah minimalis

Jenis material bahan bangunan yang selanjutnya ialah beton. Beton  merupakan bahan bangunan campuran yang tercipta dari kombinasi pasir dan pengikat semen. Bentuk sangat umum ialah semen portland yang terdiri dari bahan kerikil, pasir, semen dan air.

Beton biasa di pakai untuk menciptakan perkerasan jalan , struktur bangunan , fondasi, jalan, jembatan penyebrangan, truktur parkiran, dasar guna pagar/gerbang, dan semen dalam bata atau tembok blok. pada rumah minimalis biasa di pakai untuk kolom ( tiang peyangga bangunan )

4. Pasir

Baca Juga  Mengenal Arsitektur Tradisional Berikut Penjelasannya

pasir bahan material bangunan rumah minimalis

Pasir dipakai sebagai gabungan material pengikat adukan beton maupun pemasangan material lainnya. Pasir sangat diperlukan dalam penciptaan bangunan-bangunan baik tersebut rumah minimalis, gedung bertingkat, jembatan, tangga dan urusan lainnya dari bahan bangunan yang mempunyai sifat permanen.

 

 

Ada sejumlah jenis dari pasir guna bahan bangunan, yaitu:

  • Pasir merah
  • Pasir elod
  • Pasir pasang
  • Pasir beton
  • Pasir sungai

5. Tripleks

triplek bahan material bangunan rumah minimalis

Tripleks ialah sejenis papan pabrikasi yang terdiri dari suatu lapisan kayu yang direkatkan. Tripleks dapat mempunyai sifat fleksibel, murah, gampang di bentuk, gampang di daur ulang, dan tripleks mempunyai teknik penciptaan yang lebih mudah.

 

 

 

Triplek mempunyai jenis yang berbeda-beda, diantaranya:

  • Partikel board
  • Multiplek; yang terdiri dari soft wood, hard wood
  • Blackboard
  • Teablock
  • MDF (Medium Density Fiberboard) atau papan serat kayu
  • Melaminto

6. Besi Beton

besi beton bahan material bangunan rumah minimalis

Besi Beton biasa dipakai sebagai penahan gaya tarik kontuksi pada suatu beton. Biasanya bes beton ini menjadi kerangka dari isi beton yang adalah adonan semen dan pasir dalam penciptaan pondasi sebuah bangunan.

Besi beton sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu; besi beton dengan permukaan polos (round bar), besi beton ulir (deformed bar), dan besi beton kanal (shape).

 

7. Kawat Bendrat

kawat bendrat bahan material bangunan rumah minimalisKawat ini biasa dipakai sebagai pengikat besi beton pada suatu beton. Kawat bendrat ini adalahkawat yang tercipta dari gabungan bahan baja yang lumayan kuat, sampai-sampai memiliki pesona yang tinggi saat dipakai untuk mengikat beton maupun yang lainnya.

Baca Juga  Cara Mendekorasi Rumah di Setiap Ruangan Agar Terlihat Rapih

 

 

Jenis-jenis dari kawat sendir bervariasi, yaitu :

  • Kawat khas harmonika
  • Kawat bronjong; kawat bronjong pabrikasi mesin manual, kawat bronjong pabrikasi mesin dan kawat bronjong lais PVC

8. Paku

Paku merupakan sebuah perangkat perekat antara kayu dengan beton atau dengan material-material bangunan lainnya laksana kayu. Paku adalah salah satu bahan bangunan yang juga dipakai untuk menggantung sebuah benda pada dinding.

Jenis-jenis dari paku terdiri dari beberapa, yaitu:

  • Paku kayu; terdiri dari 3 cm, 4 cm, 5 cm, 7 cm, 10 cm, 12 cm, dan 21 cm.
  • Paku payung; terdiri dari 5 cm dan 7 cm.
  • Paku GRC; dengan panjang 21 cm.

9. Kayu

Bangunan Bahan Bangunan ini berasal dari pohon yang memiliki tidak sedikit kegunaan. Kayu dapat dipakai untuk sekian banyak macam faedah dalam menciptakan suatu bangunan konstruksi, terlebih guna bangunan rumah minimalis pastinya membutuhkan kayu guna menopang unsur atap dengan ruangan.

Baca Juga : Jenis – Jenis Kayu yang ada di indonesia

10. Pipa

PipaPipa pun adalahmaterial yang dipakai sebagai penghubung guna tempat drainase air dan drainase pembuangan. Pipa adalahmaterial terpenting untuk sejumlah tempat di rumah minimalis seperti drainase air guna kamar mandi dan air minum (jika memakai air sumur).

Pipa tercipta dari bahan-bahan stainles yang cukup berbobot | berbobot | berkualitas sehingga dapat mengaliri air dengan baik dan tahan terhadap panas maupun dingin. Berikut ini ialah jenis bahan yang dipakai untuk menciptakan pipa dalam konstruksi bangunan: