7 Tokoh Arsitek Terkenal Di Dunia Arsitektur dan Karyanya

Arsitek Terkenal – Arsitektur adalah salah satu bentuk ekspresi manusia yg paling menonjol dan tahan lama, yg mencakup semua sejarah pembangunan umat manusia. Sebagian besar peradaban bersejarah bahkan di identifikasi oleh arsitektur  yang mereka tinggalkan dan yg masih ada sampai sekarang , Seperti : Candi Borobudur di Indonesia ,Piramida Giza di Mesir, Paviliun Emas di Jepang, atau Taj Mahal di India.

Di sini, daftar kami berfokus pada beberapa ikon arsitektur modern (150 tahun terakhir), master sejati dari keahlian mereka. Jika kamu pernah menginginkan kursus kilat di ikon arsitektur modern di sini.

DAFTAR 7 TOKOH ARSITEK TERKENAL DI DUNIA

#1) Zaha Hadid

tokoh-arsitek-zaha-hadid
tokoh-arsitek-zaha-hadid

Seorang siswa dari arsitek terkenal “Rem Koolhaas”itulah Zaha Hadid.  Zaha Hadid dipandang sebagai kekuatan tunggal dan tak tergoyahkan dalam dunia arsitektur. Dia telah berjuang melalui karirnya dengan klien dan kolaborator karena dorongan, kegigihan, dan dia menjadi wanita di bidang yang didominasi laki-laki. Tapi meski mengalami kemunduran ini, dia telah menjadi arsitek wanita paling terkenal di dunia.

Pada tahun 2004, Hadid adalah yang pertama (dan, pada saat ini, satu-satunya individul ) wanita untuk memenangkan penghargaan Pritzker Prize bergengsi. Istirahat besar Hadid berasal dari tempat yang tidak terduga, saat dia ditugaskan untuk merancang Pusat Seni Kontemporer Rosenthal di Cincinnati.

New York Times menggambarkan bangunan itu sebagai “gedung baru yang paling penting di Amerika sejak Perang Dingin.” Begitu bakatnya terwujud, komisi mulai datang untuk merancang berbagai proyek di transportasi umum, perpustakaan, arsip, dan rumah opera, termasuk Abu Dhabi Performing Art Center dan Bee’ah Headquarters, keduanya berada di UAE.

Berikut Contoh Karya Arsitektur Zaha Hadid 

karya arsitektur zaha hadid

Abu-Dhabi-Performing-Arts-Centre
Abu-Dhabi-Performing-Arts-Centre
karya arsitektur zaha hadid
karya arsitektur zaha hadid

 

#2) Renzo Piano

tokoh arsitek Renzo Piano
tokoh arsitek Renzo Piano

Lahir di Genoa, Italia pada tahun 1937, Renzo Piano ditakdirkan untuk menjadi seorang arsitek – atau setidaknya seorang kontraktor. Ayahnya, empat paman, dan saudara laki-laki adalah semua kontraktor, jadi wajar jika Piano masuk ke bidang konstruksi lain yg berdekatan.

READ  Sifat dan Karakteristik Batu Bata Sebagai Bahan Bangunan

Setelah lulus dari Politecnico di Milano School of Architecture, Piano bekerja di kantor Louis Khan di Philadelphia. Beberapa bangunannya yg paling terkenal adalah Centre Georges Pompidou di Paris, gedung The New York Times di New York City, dan Shard London Bridge. kini nama renzo piano di abadikan menjadi salah satu arsitek terkenal du dunia.

Piano memenangkan Pritzker Prize pada tahun 1998 dan Medali Emas AIA di tahun 2008.

 

Contoh Karya Arsitektur Renzo Piano :

karya arsitek piano-renzo
karya arsitek piano-renzo
karya arsitek piano-renzo
karya arsitek piano-renzo

 

#3) Daniel Libeskind

mengenal arsitek Daniel-Libeskind
mengenal arsitek Daniel-Libeskind

Daniel Libeskind lahir pada tahun 1946 di Polandia. Pada tahun 1959 Libeskind dan keluarganya pindah ke New York City, tempat Libeskind menghadiri Bronx High School of Science dan kemudian Cooper Union untuk arsitektur. Pada tahun 1972 Libeskind sempat bekerja untuk arsitek lain dalam daftar kami, Richard Meier.

Dia dan istrinya Nina Lewis mendirikan Studio Daniel Libeskind pada tahun 1989. Museum Yahudi di Berlin sukses besar internasional Libeskind. Beberapa karya terkenal lainnya termasuk Teater Grand Canal di Dublin dan Imperial War Museum North di Inggris.

 

 

 

Contoh karya bangunan Daniel Libeskind :

karya arsitek daniel libeskind
karya arsitek daniel libeskind
karya arsitek daniel libeskind
karya arsitek daniel libeskind

#4) Richard Meier

arsitek-terkenal-Richard-Meier
arsitek-terkenal-Richard-Meier

Lulusan Universitas Cornell, Richard Meier bekerja dengan sejumlah arsitek terkenal, seperti SOM dan Marcel Breuer (yg namanya mungkin kamu kenal dari 25 Perancang Furniture yg Perlu kamu Ketahui). Pada tahun 1963, Meier mendirikan praktiknya sendiri.

Di antara proyek yg paling terkenal adalah Museum Getty di Los Angeles, Museum Seni Kontemporer Barcelona, ​​dan Balai Kota Den Haag dan Perpustakaan Pusat di Belkamu.

Dia telah memenangkan Pritzker Prize, American Institute of Architects Gold Medal, dan Royal Gold Medal dari Royal Institute of British Architects.

READ  Mengenal Jurusan Desain Interior UNS | Universitas Sebelas Maret

 

Karya arsitektural dari Richard Meier:

arsitek-terkenal-Richard-Meier

the-jubilee-church-arsitek-terkenal-Richard-Meier
the-jubilee-church-arsitek-terkenal-Richard-Meier

#5) Rem Koolhaas

Rem-Koolhaas-arsitek-terkenal
Rem-Koolhaas-arsitek-terkenal

Tokoh arsitektur yg populer Rem Koolhaas memiliki banyak pengikut karena bangunannya yg tidak biasa dan terkadang provokatif. Pada tahun 1975, Koolhaas, istrinya Madelon Vriesendorp, dan Elia dan Zoe Zenghelis membuka OMA, laboratorium penelitian rumah sakit kolektif “, seperti yg dijelaskan oleh Icon.

Selain arsitektur, Koolhaas juga seorang penulis (S, M, L, XL dan Content), seorang ahli teori, perencana kota, peneliti budaya, dan seorang profesor di Harvard. Di antara banyak proyeknya, dia telah merancang Perpustakaan Pusat Seattle, Kedutaan Besar Belkamu di Berlin, dan Markas Besar CCTV di Beijing (pekerjaan terbesar sampai sekarang).

 

Karya arsitektural dari Koolhaas :

Rem-Koolhaas-arsitek-terkenal2
Rem-Koolhaas-arsitek-terkenal2
arsitek terkenal di dunia
Rem-Koolhaas-arsitek-terkenal2

#6) Sir Norman Foster

tokoh arsitek terkenal Sir Norman Foster
arsitek Sir Norman Foster

Manchester, Sir Norman Foster yg lahir di Inggris sama-sama lulusan Sekolah Tinggi Arsitektur Universitas Manchester dan program Magister Arsitektur Yale University. Dia mendirikan Foster + Partners pada tahun 1967, dan pada tahun 1999, dia menjadi pemenang Pritzker Prize.

Foster + Partners telah menerima lebih dari 470 penghargaan dan kutipan untuk keunggulan dalam 45 tahun bisnis mereka, termasuk Medali Emas dari RIBA dan AIA. Beberapa karya Foster yg paling menonjol adalah St Mary Axe 30 di London, Willis Faber dan Dumas Headquarters di Ipswich, dan Stadion Wembley di London.

 

Karya arsitektural dari Sir norman foster :

karya Sir Norman Foster
karya Sir Norman Foster
zayed-national-museum Sir Norman Foster
zayed-national-museum Sir Norman Foster

#7) Santiago Calatrava

santiago calatrava
santiago calatrava

Arsitek Spanyol, seniman, dan insinyur Santiago Calatrava lahir pada tahun 1957 di dekat Valencia, Spanyol. Setelah menyelesaikan sekolah menengah atas, Calatrava pindah ke Paris dengan tujuan belajar di École des Beaux-Arts, namun menyadari setelah tiba bahwa rencananya tidak dapat dijalankan.

Calatrava kembali ke Valencia dan mendaftarkan diri di Escuela Técnica Superior de Arquitectura. Masih belum puas dengan pendidikannya, dia mengarahkan perhatiannya pada Institut Teknologi Federal Swiss (ETH) untuk belajar teknik sipil. Setelah lulus, Calatrava mengambil posisi untuk membantu ET dan mulai mengambil alih komisi teknik kecil, seperti atap dan balkon.

READ  Rumah Stik Es Krim Keren Banget

Istirahatnya yg besar datang saat dia memenangkan sebuah proposal kompetisi pada tahun 1984 untuk merancang dan membangun Jembatan Bach De Roda di Barcelona yang menjadikannya arsitek terkenal di dunia. Kompetisi ini membawa pengakuan internasional.

Calatrava tidak hanya tahu untuk membangun jembatan, tapi juga untuk pekerjaan umum berskala besar, seperti Kompleks Olahraga Olimpiade Athena, Auditorio de Tenerife, dan Ciutat de les Arts i les Ciències. Dia telah memenangkan AIA Gold Medal dan Prince of Asturias Award.

Santiago-Calatrava karya arsitek
Santiago-Calatrava karya arsitek

 

karya arsitek santiago calatrava
karya arsitek santiago calatrava

 

Selesai sudah uraikan kita di artikel kita tentang arsitek terkenal dan paling berpengaruh di dunia arsitektur yang menjadi rujukan para arsitek muda di indonesia bahkan di dunia.